Tahapan Memulai Usaha Konveksi Kaos

Konveksi adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang produksi pakaian atau fashion, salah satunya yaitu konveksi kaos . Membuka usaha konveksi adalah suatu peluang yang besar yang bisa didirikan bagi anda para pengusaha pemula. Usaha konveksi kaos ini bisa dimulai dengan modal yang kecil dan tempat yang tidak terlalu besar, menggunakan rumah anda sendiri juga bisa. Tidak menutup kemungkinan usaha konveksi kaos juga bisa semakin besar dan maju karena kebutuhan pakaian dan model fashion semakin tahunnya akan semakin berkembang dan otomatis permintaan pada kebutuhan pakaian ini akan bertambah. Yang terpenting anda harus tekun dan terus berinovasi agar usaha konveksi kaos ini semakin menggiurkan. Hal pertama yang harus dilakukan jika anda akan memulai usaha konveksi kaos adalah mempelajari apa itu konveksi, apa saja jenis-jenisnya dan menggali sebanyak-banyaknya mengenai pengetahuan konveksi kaos sebagai pengetahuan dasar bagi pengusaha pemula agar ketika memulai usaha tidak terlihat hanya asal-asalan saja. Selanjutnya, setelah pengetahuan dasar anda cukup ada beberapa tahapan untuk memulai usaha konveksi kaos, diantaranya sebagai berikut:

1. Tahap awal adalah tahap persiapan. Dalam memulai sebuah bisnis anda harus menganalisa bisnis anda yang meliputi analisis peluang atau potensi pasar, persediaan modal, dan memikirkan hambatan-hambatan yang bisa saja terjadi saat usaha telah dijalankan. Agar bisa lebih mudah lagi melakukan analisa usaha konveksi kaos ini, anda perlu membentuk tim kerja sama agar bisa berdiskusi. Pada permulaan usaha konveksi kaos anda tentunya modal yang tersedia masih sekedar cukup untuk persiapan awal, maka perlu diperhatikan jangan dulu merekrut banyak pegawai karena akan semakin banyak juga gaji yang anda harus bayarkan. Gunakan dulu pekerja yang sedikit tetapi benar-benar handal dalam pekerjaanya. Begitu juga dengan kebutuhan pokok lain seperti bahan kaos, cukup beli seperlunya saja jangan menyetok barang terlalu banyak, ditakutkan tidak terpakai atau rusak.

2. Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan sarana dan prasarana. Untuk menunjang kegiatan usaha konveksi kaos seperti lokasi, peralatan konveksi yaitu mesin jahit, obras, overdeck, rantai, meja steam, meja potong, mesin potong, meteran, gunting dan lain-lain.

3. Mencari suplier kain yang murah. Pilih suplier kain yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang murah tapi tidak murahan karena hal ini bisa mempengaruhi hasil pakaian yang anda produksi dan juga kepercayaan pelanggan pada hasil pekerjaan anda. Kain dan benang adalah bahan utama dari konveksi kaos maka jangan gunakan bahan tersebut yang asal-asalan.

4. Susun strategi pemasaran. Anda bisa memperkenalkan usaha konvesi kaos anda melalui sosial media, iklan koran atau membuat brosur untuk disebarkan ke calon pelanggan, biasanya lokasi pemasaran bisa ke lingkungan kampus, karyawan kantor dan tempat ramai lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*